Pembelajaran IPS Meningkatkan Kesadaran Sosial Budaya Anak di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi PJJ

Pandemi Covid-19 yang masih belum beres telah mengubah hampir semua bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Kini kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring oleh karena itu semua guru harus membuat inovasi baru untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan.

Dengan adanya pandemi ini juga bisa dapat melunturkan kesadaran sosial budaya anak terhadap kearifan lokal atau warisan sosial budaya yang dimiliki Indonesia sehingga dalam pembelajaran jarak jauh perlu adanya media pembelajaran yang masih memiliki unsur kearifan lokal serta dapat digunakan untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Dalam hal tersebut media yang saya maksud untuk menanggulangi bukan berupa media yang bertindak untuk menanggulangi covid-19. Namun media ini bisa membuat semangat belajar para pelajar dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh karena pembelajaran jarak jauh juga suatu tindakan untuk mengurangi penyebaran covid-19.

Pada konteks pembelajaran, media merupakan alat atau sarana yang digunakan sebagai perantara dalam mencapai tujuan pembelajaran. Alat bantu mengajar ini berfungsi membantu efisiensi pencapaian tujuan. Dengan demikian dalam menggunakan media pembelajaran guru hendaknya menyesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, suasana pembelajaran di kelas bahkan metode yang digunakan. Pemanfaatan media pembelajaran diharapkan mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, sehingga mampu mengubah suasana belajar yang pasif menjadi suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

Adanya pandemi ini membuat suasana belajar lebih kearah pasif karena banyak guru yang hanya memberi materi saja dan memberi tugas tanpa ada interaksi dengan peserta didik. Oleh karena itu media dapat digunakan untuk membuat suasana kegiatan pembelajaran lebih aktif terutama dalam pelajaran IPS karena diketahui bahwa sejak dahulu pelajaran IPS merupakan salah satu pelajaran yang cukup membosankan sehingga guru berupaya meningkatkan semangat belajar serta juga tidak lupa mengingatkan pelajar akan pentingnya kesadaran sosial budaya.

Baca Juga  Daring dan Permasalahan Pendidikan Indonesia

Pembelajaran IPS adalah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi dimasyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun menimpa kehidupan masyarakat.

Selama pandemi ini juga merupakan bukti nyata menurunnya kesadaran budaya pada kalangan anak-anak serta remaja. Pengaruh globalisasi membuat banyak anak atau remaja kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Contoh saja dalam masa pandemi ini anak banyak menggunakan teknologi yang  mungkin baik dan bisa buruk bagi kehidupan seperti lunturnya kesadaran budaya. Salah satu wadah untuk mengenalkan pentingnya kebudayaan atau kearifan lokal yang kita punya adalah melalui bidang pendidikan.

Sistem pendidikan memainkan peran yang penting dalam hal ini, dimana remaja akan diberikan bekal di sekolah-sekolah agar mengenal dan memiliki rasa cinta terhadap budayanya masing-masing khususnya kebudayaan lokalnya. Salah satu fungsi pembelajaran berbasis lokal tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran budaya lokal siswa.

Kondisi ini lah yang bisa meningkatkan pengetahuan pelajar akan kebudayaan yang dimiliki daerahnya. Nilai-nilai budaya lokal perlu dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran di sekolah yang ditempatkan pada kedudukan sejajar dengan nilai-nilai global. Karena saat pandemi ini banyak anak yang hanya dirumah saja maka itu akan lebih memfokuskan anak untuk lebih paham akan budaya yang dimiliki daerahnya namun juga harus dengan pantauan guru serta orang tua. Artinya masa pandemi ini anak-anak menggunakan media elektronik bukan untuk mencari kesenangan seperti main game atau menonton video hiburan saja.

Baca Juga  Cegah Kejahatan dengan Perlindungan Saksi dan Korban

Namun penggunaan media elektronik harus diarahkan juga untuk meningkatkan kesadaran budaya serta sosial anak karena didalam pembelajaran IPS juga tidak hanya mengatasi masalah sosial melainkan juga masalah budaya atau kearifan lokal. Saat ini kebudaayan daerah bisa kita lihat atau pelajari di banyak platfrom media seperti youtube, instagram, facebook, twitter, spotify.

Dengan adanya platfrom yang bisa diakses banyak orang lebih memudahkan anak untuk belajar kebudayaan selama masa pandemi seperti menonton pertunjukan kebudayaan di youtube, mendengarkan lagu daerah di spotify serta youtube, melihat keragaman budaya seluruh rakyat Indonesia seperti di instagram .

Dalam kegiatan pembelajaran tentunya peserta didik harus lebih senang atau semangat untuk mengikuti pelajaran sehingga guru harus membuat suasana belajar yang menyenangkan seperti mengajak pelajar untuk menonton film dokumentasi, memutar musik saat dikira anak-anak mulai bosan dan mengantuk mendengarkan materi. Artinya dalam setiap pembelajaran guru harus membuat suasana yang menyenangkan dan tidak lupa akan warisan sosial budaya yang dimiliki Indonesia serta memberikan himbauan untuk tetap menjaga kesehatan di masa pandemi seperti ini. Dengan semangat anak untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh juga dapat mengurangi penyebaran covid-19.

OLEH : BERNIKA IRMADIANISA PRAMADHANI, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Redaksi Baladena
Jalan Baru Membangun Bangsa Indonesia

Pilkada Langsung Sebagai Cermin Demokrasi Lokal?

Previous article

Bersama DPN Peradi, FH USM Menyelenggarakan Pendidikan Khusus Provesi Advokat (PKPA) Angkatan XIII

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in Pendidikan