Pandemic Covid-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun dan hingga kini kausunya terus melonjak, dengan meningkatnya kasus Covid-19 perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mulai aktif melakukan gerakan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Sebagai akademisi, mahasiswa UIN Walisongo Semarang juga turun andil dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Dengan dilakukannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengan pandemic ini diharapkan mahasiswa mampu mengusung program kerja utama yang berkaitan dengan situasi saat ini, seperti yang telah disampaikan oleh Dr. M. Mukhsin Jamil, M.Ag, selaku Wakil Rektor 1 UIN Walisongo Semarang pada saat kegiatan pembekalan KKN pada (7/7/21) di YouTube UIN Walisongo Semarang.

“kita ini mau tidak mau harus adaptif dengan situasi, yang pertama kebijakan umum yang kita terapkan adalah KKN menjadi salah satu cara kita untuk menumbuhkan penguatan kesadaran kepedulian terhadap Covid-19”, ujarnya.

Berangkat dari Kebijakan Umum KKN yang telah disampaikan oleh Wakil Rektor 1 UIN Walisongo Semarang, membuat salah satu anggota Tim KKN MIT DR-12 dari Kelompok 26 melakukan berbagai program kerja yang bertujuan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona ini.

Rastiana salah satu anggota KKN MIT DR-12 Kelompok 26 membuat disinfektan dengan bahan yang mudah dijumpai. Ia meng-upload videonya di kanal YouTube miliknya yang bernama “Rastiana A” pada Minggu (18/7/2021) kemarin.
Disinfektan ini terbuat dari campuran cairan pemutih pakaian (bayclin) dan air bersih dengan perbandingan 1:100. Cairan pemutih pakaian (bayclin) bisa digunakan sebagai bahan disinfektan karena mengandung zat aktif sodium hipoklorite (natrium hiplokorit), dengan konsentrasi 5,25 persen.

Baca Juga  Alur Proses Menghafalkan al-Qur'an di Planet Nufo-Monash Institute Semarang

“bayclin mengandung sodium hipoklorite yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan, selain mudah ditemukan bayclin juga ramah dikantong” ujarnya.

“semoga dengan video tutorial ini dapat membantu masyarakat yang masih kesulitan dalam membut disinfektan sebagai pencegahan penyebaran corona” tambahnya.

Rastiana selaku anggota Tim KKN UIN Walisongo Semarang Kelompok 26 berharap dengan adanya video tutorial pembuatan disinfektan ini mampu membantu masyarakat untuk bisa membuat disinfektan sendiri dirumah dan juga dapat membantu mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kurban: Keteladanan dan Keteguhan

Previous article

Membantu Panitia Qurban, Tim KKN MIT DR-12 UIN Walisongo Semarang Kelompok 26 Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in News