Membangun cinta bukan hanya soal hubungan dua sejoli yang saling mencinta, merasakan bahwa merekalah yang paling bahagia di dunia. Melontarkan kata-kata penuh janji dan rayuan-rayuan gombal dijadikan senjata utama untuk mempererat hubungan diantara mereka. Hanya memikirkan perasaan mereka hingga lupa akan kontribusi menjadi manusia yang hidup berdampingan dengan manusia lainnya. 

Membangun cinta yang lebih besar dari itu adalah salah satunya dengan membangun Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) angkatan 75 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang kelompok 58 tahun 2020 ini mengimplementasikan rasa cintanya dengan membangun Taman TOGA yang berlokasi di RT 04/RW 01 Kelurahan Wonolopo, Mijen, Kota Semarang. Karena dipandang mencintai seseorang yang belum jelas kepastiannya hanya menghabiskan waktu dan tenaga. Sedangkan menanam tanaman adalah menghidupkan dunia dan membangun cinta kepada sesame.

Mereka membangunnya dengan penuh semangat pada tanggal 6 Oktober hingga 14 Oktober tahun 2020, karena mereka memandang bahwa cinta yang sedang mereka bangun tidak akan sia-sia, tidak akan membuatnya kecewa, bahkan optimis akan memberikan penuh manfaat dan penuh harap itu menjadi ladang amal kebaikan bersama.

Nah kenapa membangun Taman TOGA adalah membangun cinta?

1. Membangun Taman TOGA adalah menanam tanaman obat-obatan alami keluarga yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan macam-mavam penyakit

Hal ini bagus untuk kita membangkitkan kemali obat-obatan tradisional, dengan ini kita tidak perlu mahal-mahal berobat ke dokter ataupun mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli obat di apotek. Karena kita sudah memiliki obat-obatan yang telah kita tanam sendiri untuk keluarga tercinta. Ini adalah wujud cinta yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang hatinya tergerak untuk memberikan cintanya kepada keluarganya. bahkan lingkungan sekitar, sanak saudara, tetangga bahkan untuk orang yang membutuhkan.

Baca Juga  HMI Komisariat STAI PERSIS Garut Gelar Aksi Kemanusiaan

2. Selain menjadi obat-obatan keluarga, tanaman TOGA bisa dijadikan sebagai bumbu masak

Siapa sih yang memasak tidak pernah menggunakan jahe, lengkuas, kencur, kunyit, daun sereh, daun seledri dan lainnya yang termasuk dalam daftar tanaman obat keluarga. Pastinya ini sangat menguntungkan untuk menghemat pengeluaran belanja, karena kita sendiri telah menanamnya sendiri dirumah.

3. Memperindah dan memperhijau rumah kita

Rumah yang indah dengan tanaman yang terawatt menjadikan kesan yang lebih nyaman, lebih hijau dan sejuk dalam memandangnya. Semua orang pasti mendambakan suasana rumah yang seperti itu. Ini adalah manfaat menanam tanaman obat-keluarga dirumah kita, untuk diri kita, untuk orang lain, untuk lingkungan dan untuk semuanya akan merasakan manfaatnya.

Masih banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan kita membangun taman tanaman obat keluarga. Walaupun tidak kita rasakan, orang lain bisa merasakan, atau lingkungan yang akan merasakannya. Inilah cinta yang bisa kita bangun dengan penuh harapan bisa bermanfaat bukan hanya untuk kita, tapi semuanya akan merasakan tidak terkecuali alam yang kita tempati ini. Kareana dengan membangun Taman TOGA, kita sebenarnya sedang membangun cinta.

Oleh; Iman Fuadi, Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dan Anggota KKN kelompok 58.

 

Tim KKN Distribusikan Kado Maulid untuk 100 Marbot Dhuafa

Previous article

Saat Tengah Pandemi, Masih Bisa Ngaji

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in News