Pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia merupakan permasalahan global yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Pandemi covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, China pada Desember 2019. Perkembangan virus covid-19 sangat cepat sehingga tercatat hingga April tahun 2020 lebih dari 210 negara di dunia telah terkena persebaran dari pandemi ini.

Persebaran virus yang sangat cepat ditambah mobilitas manusia yang cepat menambah laju pertumbuhan penyebaran virus ini. Di seluruh dunia virus ini telah melanda hampir seluruh Negara di dunia (Achmad Alfin, Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di era pandemi covid-19).

Di masa pandemi seperti ini bisnis yang sangat menguntungkan adalah bisnis online yang dikerjakan dari rumah. Menurut kompas.com pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2021 telah mencapai 202,6 juta jiwa yang meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari tahun 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 Juta jiwa, diartikan bahwa penetrasi Internet di Indonesia pada awal tahun 2021 mencapai 73,7 persen.

Bisnis online adalah suatu kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi sebagai media perantara. Pengertian lain bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomunikasi. Dalam dunia bisnis adanya persaingan yang sangat ketat untuk itu harus adanaya inovasi untuk menarik konsumen membeli produk kita.

Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan atau permintaan pasar. Sedangkan inovasi adalah langkah mutlak yang harus diambil perusahaan jika mereka ingin tetap relevan di tengah persaingan keras di dunia bisnis.

Baca Juga  Pendidikan Bisnis yang Mengubah Hidup

Definisi lain inovasi adalah usaha baru yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan melalui pemikiran, ide-ide yang kreatif, penelitian dan diterapkan dalam menjalankan usahanya. (Janner Simarmata, 2021). Pada masa modern ini internet sangat berpengaruh untuk bisnis online. Contohnya saja platform materplace, media sosial. dll. Untuk itu dimasa pandemi ini bisnis yang sangat menguntungkan adalah bisnis online.

Contoh Bisnis online adalah Phobia Shop yang menjual kaos lucu dengan cara berbeda. T-Shirt bisa jadi kebutuhan anak muda yang lebih cenderung kearah gaya hidup. Bisnis yang satu ini memang cukup unik, meski hanya sebagai penjual T-Shirt namuncaranya cukup inspiratif.

Perusahaan ini merangkul banyak orang yang memiliki Phobia dan mengajak mereka untuk menertawakan ketakutan mereka. dan hasil desain kaos ini membuat laku keras di pasaran.( www.viva.co.id). dimasa sekarang ini bisnis online sangat banyak dan persaingan ketat untuk perlunya inovasi dan kreatif untuk menarik pembeli.

 

Oleh: Uswatun Hasanah, Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

Pacu Digitalisasi UMKM

Previous article

Stop Bullying!

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in Ekonomi