Mahasiswa KKN MIT DR-12 UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan webinar kesehatan mental dengan tema “Upaya Mengelola Kesehatan Mental Dimasa Pandemi”.

Kegiatan Webinar Kesehatan ini diselenggarakan kelompok 22 KKN MIT DR-12 UIN Walisongo pada Minggu 8 Agustus 2021 dengan menggunakan ruang virtual aplikasi zoom meeting dan sukses di ikuti oleh peserta berbagai kalangan instansi.

Acara  ini diadakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mengedukasi mengenai pentingnya mengelola kesehatan mental dimasa pandemi, dimana berbagai  kegiatan baik sosial, pendidikan atau keagamaan dibatasi  yang mengakibatkan terganggunya kesehatan mental seperti stress, cemas dan lain sebagainya.

Ulin Nihayah, M. Pd.I, selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 22 sekaligus sebagai Keynote Speaker di acara webinar kesehatan mental, mengatakan adanya pandemi memberikan dampak yang luar biasa pada segi kehidupan hingga segi kesehatan mental, masalah yang sering muncul  dalam ganguan kesehatan mental meliputi : strees, depresi, cemas dan lain sebagainya.

“Sehingga dibutuhkan perencanaan yang matang dalam mengatasi gangguan mental akibat pandemi,” ujar Ulin Nihayah.

Dilanjukan pemaparan oleh Lucky Ade Sessiani, M. Psi, selaku narasumber yang pertama mengatakan, kesehatan mental itu sangatlah penting karena bisa menjadikan gaya hidup lebih sehat, kesehatan fisik menjadi lebih baik, serta mampu hidup lebih produktif.

“Kesehatan mental sangatlah penting di masa pandemi ini untuk menciptakan gaya hidup yang lebih sehat, kesehatan fisik yang lebih baik, serta hidup menjadi lebih produktif,” tuturnya.

Ia juga menambahkan tips menjaga kesehatan mental dimasa pandemi dengan menghargai diri sendiri, menerima dan memberi pujian serta membina hubungan yang positif.

Baca Juga  Sekolah Alam Paling Keren di Rembang

Sementara Wawaysadhyah selaku narasumber yang kedua mengatakan, solusi untuk menghilangkan gangguan mental seperti  stress akibat pandemi yaitu melakukan kebiasaan yang bisa memunculkan rasa bahagi seperti nonton film, berkebun, bermain dengan adik/kakak atau berolahraga.

“Tips menghadapi stress bisa dengan nonton film, berkebun, bemain dengan keluarga misal adik / kakak, atau bisa berolahraga,” tuturnya

Diakhir sesi, Wawaysadhyah narasumber kedua memberikan pesan bahwa sebelum bertindak dalam menghadapi kondisi pandemi setidaknya kita bisa melakukan self confidence dan self awareness.

 

 

 

Muharram: Praktik terbaik untuk Peningkatan Moral

Previous article

Bulan Istimewa di Awal Tahun

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in News