Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) 77 Kelompok 112 UIN Walisongo Semarang mengadakan acara lomba membaca Al-Qur’an dan Praktik Salat tingkat RT, Minggu (17/10). Acara yang bertempat di Masjid Al-Hidayah RT 01 RW 09 Kp Pandean Kelurahan Gunungpati tersebut dilaksanakan dengan mamatuhi protokol kesehatan.

“Tujuan diselenggarakannya Lomba Hari Santri ini adalah tidak lain untuk menumbuhkan semangat anak-anak Kp Pandean dalam hal mengaji atau pun semangat dalam hal ibadah kepada Allah swt. Dilihat dari anak-anaknya yang kurang dalam agama jadinya diadakan kegiatan tersebut cocok untuk anak-anak yang ada di Kp Pandean,” ujar Hikam, selaku koordinator KKN-RDR 77 kelompok 112.

Ia juga menegaskan bahwa lomba ini menjadi program unggulan dari agenda kelompok yang harus diselenggarakan dengan meriah oleh semua anggota kelompok, agar dapat menarik perhatian anak-anak.

Lomba yang diadakan yaitu lomba Baca Al-Qur’an dan Praktik Salat. Peserta berjumlah 25 anak, dengan cakupan usia dari TK – SD kelas 6. Adapun syarat peserta yaitu anak-anak Kp.Pandean RT 01 RW 09 Kelurahan Gunungpati. Teknis pelaksanaan lomba tersebut yaitu masing-masing peserta yang baru hadir diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu kemudian dipasangkan nomor urut, baru setelah itu peserta akan dipanggil satu persatu sesuai nomor urutnya untuk memasuki ruangan. Penilaian untuk Lomba Baca Al-Qur’an adalah tajwid, kelancaran membaca, dan makhorijul huruf, sedangkan untuk penilaian Lomba Praktik Salat adalah gerakan dan bacaan setiap rukun salat.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Tim KKN UIN Walisongo Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pemenang lomba diumumkan secara langsung setelah semua peserta mengikuti penjurian sekaligus penyerahan hadiah. Hadiah yang didapatkan untuk juara 1, 2, 3 Lomba Baca Al-Qur’an yaitu berupa sertifikat, buku tulis, tumbler (botol minum), dan buku Juz Amma. Sedangkan, hadiah yang didapatkan untuk juara 1, 2, dan 3 Lomba Praktik Salat yaitu sertifikat, buku tulis, tumbler (botol minum), dan buku panduan salat.

Salah satu peserta juara 1 Lomba Baca Al-Qur’an, Nakesha Salsabila Awrelifia, mengaku merasa bangga terhadap dirinya karena berhasil menjadi juara.

“Senang sekali karena mendapat juara 1 dan hadiah, besok kalau ada lomba seperti ini lagi mau ikut,” ungkapnya.

Segenap panitia penyelenggara lomba mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam lomba Baca Al-Qur’an dan Praktik Salat ini.

Kami bangga dan mengapresiasi atas antusias dan semangat yang begitu besar dari para peserta yang telah ikut serta dalam pelaksanaan lomba dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021, meskipun berada di tengah pandemi.  Hal ini sesuai dengan tema Hari Santri tahun ini “Santri Siaga Jiwa Raga”, yang memiliki arti bahwa santri yang selalu siaga tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

Durhaka yang Baik: Pengantar Ibu Menghadap Allah

Previous article

Kualitas Pasanganmu Sebanding dengan Kualitasmu

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in News