Perkembangan zaman selalu hadir dalam kehidupan, seperti perkembangan teknologi saat ini. Perubahan dan perkembangan teknologi yang bermula dari media cetak menjadi media digital tentu berpengaruh dalam semua aspek termasuk bidang pendidikan. Pada kondisi seperti ini, perlunya pembaharuan dari berbagai komponen yang ada dalam pendidikan. Salah satu diantaranya pada model pembelajaran. Dan perlu diingat bahwa pendidikan dan model pembelajaran yang ada di dalamnya sangat erat hubungan keduanya.
Pendidikan menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk dapat memiliki semangat religiositasi, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pengertian lain pendidikan secara umum adalah usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran untuk peserta didik agar secara aktif mengembangkan potensi dirinya(Ngongo, 2019 ;630). Secara singkatnya pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam proses belajar atau pembelajaran peserta didik guna untuk mengembangkan potensi dirinya.
Dalam pendidikan tentu di dalamnya terdapat pembelajaran yang mana di dalamnya juga ada model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan rancangan kegiatan belajar mengajar yang bertujuan agar kegiatan KBM dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan urutan yang jelas(Oktavia, 2020;13). Model pembelajaran hadir sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, selain itu juga memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang ada.
Era digital adalah suatu masa di mana manusia dapat berkomunikasi dengan dekat walaupun jarak atau posisi diantara manusia satu dengan lainnya berjauhan. Informasi di era ini juga akan mudah didapatkan melalui teknologi yang maju. Era digital ini biasa disebut dengan globalisasi. Dimana globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran dunia dan isinya yang terjadi akibat dari kemajuan infrastruktur telekomunikasi, internet dan transportasi(Ngongo, 2019 ;631).
Pendidikan di era digital dapat dikatakan bahwa suatu cara untuk memberikan pelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan media digital atau multimedia dengan bantuan penggunaan smartphone, komputer, dan lainnya. Tentunya dengan kondisi pendidikan di era digital ini, diperlukan model pembelajaran yang imbang dengan permasalahan yang ada. Untuk itu, model pembelajaran di era digital tentu berbeda dengan model pembelajaran yang dulu yaitu secara konvensional. Beberapa model pembelajaran yang ada dan bisa digunakan pada era digital sekarang ini diantaranya yaitu(Azis, 2019;309):
- Blended learning
Blended learning biasa disebut dengan model pembelajaran kombinasi antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Dapat dikatakan blended learning adalah pembelajaran kombinasi atau campuran mulai dari cara penyampaian, pengerjaan, gaya pembelajaran yang berbeda yang kemudian disatukan.
- Distant Learning
Distant learning atau pendidikan jarak jauh mernurut UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 31 ayat 1 adalah proses belajar mengajr yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan media komunikasi. Pendidikan jarak jauh ini biasa digunakan dalam lingkup pendidikan tinggi guna untuk mengantisipasi perkembangan dunia yang begitu cepat.
- Mobile learning
Mobile learning atau M-Learning merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan teknologi smartphone. Model pembelajaran ini memanfaatkan teknologi dan perangkat mobile. Berbagai informasi akan mudah didapatkan oleh peserta didik, serta pembelajaran akan terlaksana dengan tanpa mengurangi tugas dan tanggung jawab peserta didik dalam belajar.
- Virtual learning environment
VLE (Virtual learning environment) merupakan platform berbasis web untuk pembelajaran digital. Pembelajaran virtual ini dapat membantu peserta didik dalam proses meningkatkan pengalaman belajar, karena disediakan ruang virtual untuk peserta didik belajar mandiri dan memiliki tanggung jawab yang baik.
Dengan adanya pendidikan serta model pembelajaran tersebut di atas, akan memudahkan peserta didik untuk dapat mengimbangi pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini. Informasi akan cepat diterima dan mudah dipahami oleh peserta didik, namun tentunya harus tetap ada pantauan seorang guru serta arahan yang baik dalam mengikuti perubahan zaman.
Oleh: Muhammad Malik Ramadhan
Referensi:
Shilphy A. Octavia. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Taufiq Nur Azis. 2019. “Strategi Pembelajaran Era Digital”. Prosiding ACIEDSS Islamisasi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0. Vol. 1. No. 2.
Verdinandus Lelu Ngongo, dll. 2019. “Pendidikan di Era Digital”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.