Baladena.id, SEMARANG – Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) merayakan dies natalis fakultas ke-34 dengan menyelenggarakan orasi ilmiah secara daring, Kamis (12/08). Orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Dian Septiandani, SH.,MH., mengangkat tema internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam aturan hukum di Indonesia.

Dekan Fakultas Hukum B.Rini Heryanti dan Rektor Universitas Semarang Andy Kridasusila turut hadir dalam orasi ilmiah. Sebelum orasi ilmiah dimulai, Dekan Fakultas Hukum B. Rini Haryanti menyampaikan laporan perkembangan Fakultas Hukum dalam pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi selama kurun waktu satu tahun 2020-2021.

“Telah banyak prestasi dan kemajuan yang dihasilkan, terutama dalam bidang pendidikan. Ini semua didukung dengan kualifikasi dosen FH USM, peningkatan kualitas dan kuantias penelitian serta publikasi karya ilmiah baik di jurnal nasional akreditasi/sinta dan jurnal internasional bereputasi,” ucapnya.

Kemudian dalam orasi ilmiah, Dr. Dian menuturkan bahwa kedudukan hukum Islam dalam sistem hukum di Indonesia semakin memperoleh pengakuan yuridis. Salah satunya adalah diundangkannya Undang Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (saat ini dirubah dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019).

“Berlakunya hukum Islam di Indonesia telah mendapat tempat konstitusional yang berdasar pada tiga alasan, yaitu: filosfis, sosiologis, dan yuridis,” tuturnya.

Dr. Dian juga menambahkan bahwa penerapan dan penegakan hukum Islam di Indonesia dapat dituangkan ke dalam hukum nasional baik melalui hukum positif Islam maupun melalui nilai-nilai hukum Islam yang berlaku bagi seluruh warga negara. Keduanya dipengaruhi oleh politik hukum yang akan membentuk aturan hukum ataupun perundang-undangan.

Baca Juga  HMI Korkom Walisongo Adakan Kajian Pancasila

“Peran pemerintah dalam pembentukan peraturan hukum Islam diwujudkan oleh Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat mengedepankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi atau kelompoknya,” tegasnya.

Unismuh Makassar Gelar Rapat Kerja Tahunan, Ini Program Strategisnya

Previous article

Prodi Manajemen Unismuh Tercepat Mencapai Kuota Mahasiswa Baru 2021, Ini Kata Kaprodi

Next article

You may also like

Comments

Ruang Diskusi

More in News